Selasa, 16 Agustus 2016

SEJARAH KOMPUTER

Komputer Generasi ke I (1940-an)
Semua berawal dari terjadinya perang dunia ke II.  Negara yang turut ikut campur pada PD II saling berusaha menciptakan dan mengembangkan computer untuk mengleksploitasi manfaat dari si computer itu sendiri. Beberapa computer generasi pertama yaitu :
  1. EINAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

EINAC merupakan computer hasil kerjasama  pemerintah US dengan University of Penysylvania. Didesain tahun 1942 dibuat tahun 1943 oleh Jhon Mauchly dan Jhon Presper Eckret. Berat computer ini sekitar 30 ton dengan volume 15.000 kubik sehingga menyebabkan banyaknya komponen yang digunakan. Untuk resistor ±70.00 buah, komponen tabung vakum 18.000 buah dan media penyimpanan datnya berupa silinder magnetic menyerap daya 170kW untuk aktif. Saking besarnya computer ini memiliki panjang 30m dengan tinggi 2.4 m.
  1. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Dirancang oleh Jhon Von Neuma tahun 1945 dengan memanfaatkan sebuah memori untuk menyimpan data maupun program. Penemuan terpenting pada prosesor ini adalah unit pemrosesan yang terpusat sehingga memungkinkan kinerja computer diatur dalam satu sumber.
  1. UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
Komputer komersial pertama ini dirancang oleh  Remington Rand tahun 1951. Hal yang paling menakjubkan pada computer ini yaitu kesuksesannya dalam melakukan prediksi kemenangan dari Dwilight D. Eisenhower pada pemilihan presiden Amerika Serikat di tahun 1952. Komputer UNIVAC merupakan computer pertama yang dirancang untuk umum yang memanfaatkan angka serta huruf dengan menggunakan pita magnetic sebagai media input maupun output. Konputer ini untuk pertama kalinya digunakan pada tahun 1951 dan hanya doperasikan hingga tahun 1963.
Komputer Generasi ke II (1960)
Tahun1948 adalah tahun dimana di temukan transistor sebagai pengganti tabung vakum dan baru mulai dimanfaatkan pada tahun 1956 yang bahan bakunya terdiri dari 3 lapisan yaitu basic, collector, dan emmiter . Komputer  ini dibuat untuk kepentingan laboratorium  dan menyelesikan jumlah data yang cukup besar. Komputer generasi ke II ini mengalami perkembangan dalam segi bahasa yaitu peralihan dari bahasa mesin ke bahassa assembly.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang  digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
Ciri-ciri computer generasi ke II yaitu
  1. Menggunakan kompone utama berupa transistor.
  2. Menggunakan bahasa pemograman Fortran dan Cobol.
  3. Median penyimpanannya berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Lebih hemat listrik, lebih cepat, lebih kecil dalam segi ukuran dan lebih cepat dalam pemrosesan data.
Komputer Generasi III (1964-1970)
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang yang dikembangkan Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959. Hal ini dilakukan karena transistor yang sempat unggul di banding vakum menghasilkan panas yang cukup besar hingga dapat merusak komponen-komponen internal computer. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemampuan lebih besar dibanding SLT.
Kemajuan lainnya dapat dilihat dari penggunaan system operasi yang memungkinkan system melakukan kinerja dalam waktu yang bersamaan (multiprossesing).
Ciri-ciri computer generasi ke III adalah:
  1. Memiliki kecepatan yang lebih unggul dibandingkan dengan computer-komputer generasi sebelummnya yaitu sekitar 10.000 kali lebih cepat dari computer generasi pertama.
  2. Peninggkatan dalam aspek software.
  3. Memiliki kapasitas memori yang lebih besar.
  4. Multitasking dan multiprossesing
  5. Lebih efisien dalam penggunaaan listrik, lebih kecil karena komponen-komponen dalam chip yang semakin kecil dan lebih hemat harga.
  6. Sudah memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi antar computer.
Contoh computer generasi ke III yaitu: IBM S/360, UNIVAC 1180, GE 600,PDP-11 dll.
Komputer generasi ke-IV  (1980an)
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III.  Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration yang dapat menyimpan ratusan chip serta komponen lain dalam satu chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.
Kemajuan yang sedemikian rupa memungkinkan orang awam untuk ikut mengoperasikan computer sehingga pada tahun 1981 IBM memperkenalkan Personal Computer (PC) dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, di samping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat, komputer ini menjadi sangat popular untuk dimanfaatkan di rumah, kantor, sekolah.
Komputer Generasi ke-V (Sekarang-Masa depan)
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan mendekati nalar manusia  sehingga memungkinkan untuk dapat memungkinkan untuk melakukan percakapan dengan manusia dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”atau “AI” , selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar