Sabtu, 10 September 2016

Apa itu Could Storage? (Pengertian Could Storage, Kelebihan dan Kekurangan Could Storage, Contoh Software atau Aplikasi Could Storage)

Sebelum mengupas tuntas kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan could storage, Mungkin pernah mendengar atau familiar dengan istilah could storage tetapi tidak paham apasih could storage itu? buat apa? simak penjelasan di bawah ini!
Cloud Storage merupakan sebuah teknologi penyimpanan data digital dengan media penyimpanan dimana dalam aksesnya user harus terhubung dengan koneksi internet. File yang ada di dalam cloud storage tidak tersimpan di dalam PC / laptop anda tetapi akan tersimpan dengan memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Namun berada di sisi server cloud storage itu sendiri. Yang diperlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.
Image result for cloud storage
http://justswipe.com/wp-content/uploads/img-blog-key-cloud-storage.png
Mengenai istilah Cloud Storage yang tersemat untuk media penyimpanan online tersebut  dapat diartikan dari dua kata penyusunnya, Cloud dan Storage. Cloud yang dalam bahasa Indonesia berarti awan merupakan sebuah ibarat kata dari Internet. Internet diibaratkan layaknya sebuah awan yang luas yang mampu menampung banyak hal mulai dari informasi, hingga program-program dalam satu tempat dan dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh banyak orang.Sedangkan kata Storage memiliki arti penyimpanan atau media penyimpanan, dalam hal ini yang dapat disimpan adalah data-data digital mulai dari data tertulis, audio, visual hingga program atau pun aplikasi digital. Jadi secara umum Cloud Storage dapat diartikan sebagai teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki.
Pada dasarnya teknologi Cloud Storage merupakan pengembangan dari sistem Komputasi Awan atau yang disebut juga dengan istilah cloud computing. Komputasi Awan merupakan konsep dasar dari adanya layanan  Cloud Storage. Dengan penerapan teknologi Komputasi Awan, penyedia layanan Cloud Storage bisa membangun media penyimpanan secara online tersebut. Mengenai komputasi awan, teknologi ini merupakan salah satu teknologi jaringan internet yang memiliki sejarah pengembangan yang cukup panjang. Secara simple, sistem Komputasi Awan menggunakan serangkaian komputer server yang telah dioptimasi dengan sistem penyimpanan yang nantinya membentuk banyak virtual server atau tempat penyimpanan data dalam jaringan internet. Data yang tersimpan pada virtual server tersebut akan tetap ada dalam server pusat dan jika pengguna memerlukan data tersebut, maka tinggal mengaksesnya dan akan tersimpan secara sementara pada perangkat kita.
Teknologi ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan sekitar tahun 1960an oleh seorang insinyur teknik komputer dari MIT bernama John McCarthy. Pada waktu itu memang sistem tersebut belum diterapkan pada jaringan internet namun hanya dalam sistem jaringan infrastruktru seperti listrik dan air. Namun pada waktu itu John McCarthy sudah mulai mengungkapkan konsep pengabungan sistem dalam media khusus yang akhirnya kini dikembangkan menjadi Komputasi Awan.Perkembangan sistem yang mendasari Cloud Storage tersebut mulai diperkenalkan pada modern ini oleh perusahaan eCommerce Amazon pada tahun 2000. Amazon menjadi salah satu pelopor penggunaan sistem tersebut sebagai penjembatan dari semua layanan ecommerce miliknya yang masuk pada layanan Amazon Web Service.
Baru beberapa waku berikutnya perkembangan dari sistem Komputasi Awan semakin berkembang dengan pesat, seperti yang dilakukan oleh Google melalui salah satu layanannya Google Drive. Saat ini sudah cukup banyak penyedia jasa Cloud Storage yang bisa menjadi pilihan anda menyimpan data. Beberapa diantaranya merupakan layanan gratis yang dapat dipakai oleh siapa  saja dan sebagian meruapakan layanan berbayar yang terkadang dikhususkan untuk melayani kebutuhan penyimpanan data IT dari perusahaan atau korporasi besar.
Banyak sekali penyedia aplikasi layanan could storage baik itu berbayar maupuun gratis, yang pada umumnya fitur layanan yang diberikan hampir sama satu dengan yang lainnya, mungkin ada perbedaan sedikit dari layanan yang diberikan, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Inilah beberapa vendor penyedia layanan could storage:
Dropbox adalah layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau device lainnya yang memakai aplikasi dropbox. Sistem kerjanya seperti ini  dengan dropbox kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu.


Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB,dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search.

Meskipun siapa saja dapat membuat akun box, namun layanan ini sebenarnya lebih cocok bagi para pelaku bisnis dan IT. Ya, selain menyediakan fitur dasar seperti penyimpanan awan lainnya, Boxjuga menyediakan fitur prmberi komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file, dan fitur menarik lainnya. Box memberikan control lebih terhadap privasi dari file yang disimpan. Sebagai contoh kita dapat mengatur apa saja yang bisa menggunggah, melihat, serta mengedit file dan folder yang dimiliki.  Kita juga bisa melindungi file tersebut dengan password dan mengatur masa kadaluarsa  yang diinginkan dari folder yang dibagikan.


Copy. Dibuat oleh perusahaan barracuda Networks, Copy merupakan layanan penyimpanan awan yang cocok untuk perseorangan ataupun untuk pelaku bisnis. Ketika mendaftar kita akan mendapatkan gratis kapasitas penyimpanan dalam could storage sebesar 15GB, sama sepertihalnya GoogleDrive maupun OneDrive. Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Copy adalah kemampuannya membagikan jatah file yang di share.  Sebagai contoh jika anda mmiliki file berkapasitas 20GB yang dishare bersama 3 orang teman, maka folder tersebut hanya akan memakan kapasitas 5GB pada masing-masing akun. Hal ini berbeda dengan Dropbox yang memakan kapasitas pada orang yang mngeshare foldr tersebut.

Itulah bebrapa contoh vendor penyedia layanan could storage.
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Could Storage
Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media simpannya, teknologi Cloud Storage nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain. Diantaranya;
1. Yang pertama adalah mengenai sisi Skalabilitas, maksudnya adalah penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.
2. Yang kedua adalah dalam hal aksesibiltas, maksudnya adalah kemudahan ketika anda ingin menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya teknologi Cloud Storage, anda bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.
3. Bisa diakses dimana saja. Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.
4. Tidak memakan tempat. Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.
Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline. Sehingga kita harus di tuntut menggunakan media ini secara bijak.
Bagaimana?? apa anda berminat untuk mencobanya??
Share:

1 komentar:

  1. Saat ini banyak layanan penyimpanan cloud yang bisa kita temui dan kita gunakan secara gratis. Contoh Cloud Storage yang terkenal di antaranya adalah, Google Drive, OneDrive, Dropbox, Apple iCloud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Semua layanan cloud tersebut dapat kita gunakan secara gratis, tapi kapasitas ruang penyimpanan yang tersedia sangat terbatas. Namun bila kita ingin menambahkan kapasitas ruang penyimpanan pada layanan cloud itu, kita bisa membayar sesuai ketentuan yang diberikan penyedia layanan.

    BalasHapus