Rabu, 21 September 2016

Cara Memilih serta Tips dan Trick dalam Memilih Hard Disk

Pasti setiap orang pernah mendengar atau bahkan familiar dengan kata “Hard disk” . Ya, Hardisk adalah salah sat media penyimpanan pada komputer. Pernahkah anda bertanya bagaimana cara memilih hard disk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli sebuah hard disk?. Tetapi kebanyakan orang awam tidak terlalu mengrti tentang hard disk. Biasanya, hanya tahu space atau ukuran serta merek dagangnya saja istilah kerennya tuh brandnya, namun malah tidak memperhatikan aspek lain. Maka dari itu simak apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih atau membeli sebuah hard disk serta tips and tricks dalam memilih hardisk? Yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini!


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hard disk :

1.       Ukuran (Size).
Semakin tinggi kapasita akan semakin banyak data yang dapat disimpan didalam hard disk tentunya.

2.       Speed atau Kecepatan putar drive (RPM).
RPM merupakan satuan menghitung kecepatan dari sebuah hardisk  dalam memproses data. RPM biasa disebut juga dengan Rotary Per Minute atau Kecepatan Putar Motor memutar piringan hdd dalam 1 menit, semakin besar RPM semakin cepat data akan dihantar atau diproses.
Semisalnya suatu saat Anda  akan membeli hard disk baru untuk eksternal Drive ataupun juga ekstensi Hard Drive pada PC. Perbedaan kecepatan putaran hdd sangat mempengaruhi hasil yang didapat. HDD memiliki kecepatan yang berbeda-beda.Angka yang paling populer adalah 5400 RPM¹  dan 7200 RPM². Dari angka diatas berarti hdd kita memiliki kecepatan[5400 putaran dalam 1 menit] ¹  dan [7200 putaran dalam 1 menit] ².
Jika dibandingkan 2 Hard Disk, 5400 RPM dengan 7200RPM, Hard Disk 7200RPM lebih cepat mengakses banyak data berbanding dengan Hard Disk 5400RPM. Mengapa RPM berpengaruh terhadap kecepatan pemrosesan data pada Hardisk? Hal ini disebabkan  data pada HDD tersimpan di platter, yang kemudian  dicari dengan memanfaatkan kecepatan putaran platter, jadi makin gede RPM data makin cepat pemrosesan sebuah data.
Lalu apa itu Plater?
Plater merupakan komponen utama Harddisk yang digunakan sebagai tempat menyimpan Data. platter akan dilengkapi dengan track dan sector, ini menyebabkan mengapa sebuah Harddisk kapsitasnya tidak sesuai dengan yang tertera pada  spesifikasinya ( pasti akan lebih sedikit ), karena trac dan sector akan menyimpan ID pengenal untuk Format Harddisk.

3.       Buffer Memory.
Hal yang tak kalah penting dalam pemilihan hard disk adalah hal yang satu ini. Banyak pembeli hard disk yang tidak mengindahkan hal ini. Sebelum data hard disk di kirim ke memory utama untuk di proses, data-data tersebut selalu masuk dahulu ke Buffer Memory seperti layaknya RAM yang terdapat pada controller hard disk. Hal ini dilakukan untuk mncegah antrian yang panjang dalam membaca. Semakin besar ukuran buffer yang terdapat pada hard disk maka semakin cepat pembacaan dan penulisan data pada hardisk.

4.       Kerapatan Penyimpanan Data / Data Density
Pengertian density bisa diartikan sebagai kerapatan dalam menyimpan data, sehingga semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah Harddisk, maka daya tampung yang dimilikinya juga semakin tinggi.(>daya tampung/kapasitas=>Density)
 Contoh:
Anda membeli 2 buah HDD, satunya 7200RPM sebesar 1/2 TB(500GB), yang kedua juga 7200RPM tetapi isinya 1 TB, Kalau Anda punya budget lebih, tidak salah memilih yang 1 TB, Hal ini dikarenakan nilai density atau kerapatan HDD 1 TB lebih tinggi dibandingkan dengan 1/2 TB(500GB), sehingga performa yang diperoleh pun berbeda walaupun RPM nya sama.

Tips dan Trik memilih hard disk:

1.       Pilihlah kesesuaian antara port hard disk pada motherboard dengan jenis port pada hard disk yang mendukung.
2.       Pilihlah hard disk dengan kapasitas yang besar karena perkembangan perangkat lunak yang semakin berkembang dan terus maju akan membutuhkan tempat penyimpanaan yang besar nantinya.
3.       Pilihlah hard disk dengan merek yang sudah dikenal handal dan tidak mudah rusak.
4.       Hardisk adalah media penyimpanan yang mempunyai batasan waktu pemakaian antara 3 sampai 5 tahun, jadi sebelum mencapai batasan waktunya kita harus siap-siap untuk memback-up data yang ada didalamnya.


Sekian penjelasan singkat tentang topic kali ini berkaitan dengan cara memilih hard disk. Saya Pamit, Sekian, Wassalam. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar