Rabu, 21 September 2016

Pengertian, Kegunaan serta Fungsi Motherboard.

Perangkat device yang satu ini memiliki banyak nama penyebuatan seperti mainboard, mobo, papan utama, papan sirkuit dll. Motherboard ini merupakan salah satu komponen penting dalam penyusunan CPUD dari kata penyusunnya saja kita bisa tahu, lihat pada kata mother atau induk bila diterjemahkan. Bagaimana tidak? bila tidak ada motherboard maka komputer hanyalah sebuah tinggal nama, tak ada yang bisa dijalankan. Pasalnya, motherboard adalah penghubung antara komponen satu dengan banyak komponen lain didalam CPU yang didalamnya terdapat soket dan komponen yang membantu terciptanya sebuah sistem komputer. Lalu apa motherboard itu?



Pengertian Motherboard.


Motherboard adalah sebuah komponen berbentuk papan pcb yang digunakan sebagai tempat memasang komponen-komponen elektronik lain agar bisa saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).  Artinya, motherboard mempunyai tugas untuk menghubungkan  antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini yang akan membantu penjelasan tadi.




Fungsi Motherboard



Sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, sound card, memori, dan lain-lain.Sebagai media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer. Misalnya prosesor untuk memberi perintah kepada komponen lain seperti memori atau harddisk dengan menggunakan jalur pada motherboard yang disebut bus clock.



Sudah ada gambaran mengenai motherboad? yuk simak penjelasan lain mengenai jenis-jenis mother board chek dipost lain ya.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar