Sabtu, 10 September 2016

Internet Boardband (Apa itu internet BoardBand?, Pengertian Internet BoardBand, Jenis-jenis Internet Boardband)

INTERNET BOARDBAND
INTERNET BOARDBAND adalah Broadband adalah metode menghubungkan ke Internet. Hal ini disebut broadband karena menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi bila dibandingkan dengan metode yang lebih tua untuk menghubungkan yang umumnya disebut narrowband, Broadband sendiri artinya jalur lebar atau pita lebar,tapi yg dimaksud adalah kecepatan tinggi.Dan maksudnya adalah akses internet yg speed/kecepatannya diatas kecepatan akses dial up biasa yg hanya sekitar 56 kbps.Akses broadband sendiri saat ini ditawarkan dengan min speed 256 kbps.Speed yg diatasnya adalah 384 kbps 512 kbps,640 dan 1Mbps bahkan ada yg menawarkan speed lebih tinggi lagi.Makin besar angka speed makin cepat kita membuka halaman suatu situs,makin beragam fitur internet yg dapat kita gunakan misal untuk Voip,streaming video dan berbagi akses internet ke lebih dari 1 komputer. Istilah broadband mengacu pada bandwidth ini umumnya mengacu pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan computer dan koneksi internet.kecepatan trransferr data biasanya diukur dalam Bps(Bit per scond). Pada koneksi boardband kecepatan transfe jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up.

Berbagai Jenis Koneksi Internet Boardband:
  1. ASDL (Asymmtric Digital Subsriber Line)

ASDL adalah konksi boardband yang paling sering digunakan terutama di warnet-warnet. Dalam jaringan ASDL normal, kecepatan download lebih besar dari kecepatan upload. Halini disebut sebagai asimetris karena perbedaan pada kecepatan download dan upload.  ASDL adalah alat digital yang memumungkinkan konektivitas kecepatan tinggi dan dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menggangu jaringan telepon. ASDL bekerja pada kecepatan 512Kbps atau lebih tinggi.
  1. SDSL (Symmetric Digital Subscreiber Line).
SDSL serupa dengan ASDL yang mmungkinkan konektivitas kecepatan tinggi, namun berbeda dengan ASDL yang digunakan pada warnet-warnet. Perbedaanya dalam aspek keceepatan upload data. SDSL biasanya digunakan dalam urusan bisnis yang memerlukan kecepatan upload yang cepat.
  1. Wireless Boardband.
Image result for wireless broadband
Wireless Boardband adalah konksi internet nirkabel atau tanpa kabel yang biasanya oaring menyebut Wi-fi. Tknologi ini terus brkmbang karena meningkatnya jumlah perangkat nikable seperti ponsel dan laptop.
  1. Cable Boardband.
Intrnet ini biasanya diakses melalui koneksi TV. Jaringan ini secara luwas digunakan di wilayah pemukiman. Dalam segi kecepatan download dan upload sama dengan ASDL.
  1. Fiber Optic.
Teknologi fiber optic adalah teknologi yang mengubah sinyal elektik ke sinyal cahaya ditransfer melalui kabel serat optic.

Sekian dulu topik pembahasan tentang Internet boardband, smoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih, Wassalam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar