Minggu, 25 September 2016

Pengertian serta Fungsi VGA Card

Seorang gamers penyuka game yang berat-berat atau seseorang yang suka rendering video untuk membuat sebuah film maka ia tidak akan asing lagi dengan yang namanya “VGA Card”. Apalah arti dunia ini bagi seorang gamer apabila tidak ada hardware yang satu ini, dunia akan hampa kali ya wkwk :D. Hardware ini memiliki kepanjangan Video Graphics Adapter, memang tidak asing lagi sebuah computer memiliki sebuah Video Graphics Adapter tapi apakah kita yang mungkin seringkali menggunakan laptop atau computer tau apasih fungsi dari VGA Card itu?

VGA Card adalah sebuah komponen hardware yang berfungsi untuk mengolah data grafis baik itu berupa image atau video yang mana gambar atau video itu berbentuk 2D maupun 3D kemudian ditampilkan ke output device misalnya ke layar monitor suatu computer. Video Graphics Adapter (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter kesemuanya itu intinya sama untuk pengolah data grafis.
Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan VGA yang mempuni, itulah mengapa seorang gamers yang sering bermain game berat maka butuh vga yang tidak hanya vga on board, kenapa? karena kartu grafis menentukan kualitas  game atau gambar game serta efek di dalam game itu semakin nyata atau tidak yang dihasilkan oleh VGA. Namun perlu diingat bahwa kemampuan VGA yang mempuni harus diikuti dengan prosesor dan RAM yang mempuni juga. Kenapa? Karena dalam suatu system harus ada balancing, percuma kan missal dikomputer anda terpasang Gigabyte Nvidia GeForce GTX Titan X yang notabenenya vga terbaik milik nVidia berharga kisaran 18jt-an tetapi prosesor masih Pentium IV ya sama aja akan Bottle Neck gan alias ngadat. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain nVidia dan ATI Radeon(AMD Radeon). Ingat! Karena ATI sudah dibeli AMD maka ATI Radeon = AMD Radeon cuma beda nama doang ya gan.
Fungsi utama VGA.
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.
Kartu VGA zaman sekarang sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset, yang adalah chipset masa kini di mana sudah memasukkan kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA, sekarang ada "periferal" (bahasa Inggris: peripheral) komputer pendukung yang dinamakan "3D Accelerator" (akselerator tiga dimensi), yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah/menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Akselerator 3D yang keberadaannya tidak lagi memerlukan IRQ ini mampu melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan lebih sempurna, contohnya adalah pada permainan-permainan komputer yang mendukung tampilan tiga dimensi mampu ditampilkan dengan citra yang jauh lebih realistis, sehingga dapat memberikan kesan sangat nyata. Hal ini dikarenakan banyaknya fungsi pengolahan grafis tiga dimensi yang dulunya dilakukan oleh prosesor pada "papan induk" (bahasa Inggris: motherboard), kini dapat dikerjakan oleh prosesor grafis tiga dimensi pada 3D accelerator tersebut. Dengan adanya pembagian kerja ini, maka prosesor pada motherboard dapat lebih banyak melakukan tugas pemrosesan data-data lainnya. Selain itu programmer tidak perlu membuat fungsi grafis tiga dimensi, sebab fungsi tersebut sudah disediakan dengan sendirinya oleh akselerator tiga dimensi.
Perlu diketahui pula bahwa chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya (3D accelerator dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA). Namun meski demikian, Chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung adanya beberapa fasilitas akselerasi tiga dimensi pada 3D accelerator. Sebagai catatan penting bahwa, fungsi 3D accelerator akan optimal jika "perangkat lunak" (bahasa Inggris: software) permainan yang dijalankan memanfaatkan fungsi-fungsi khusus dari 3D accelerator tersebut. Software "permainan" (bahasa Inggris: game) yang mendukung fasilitas ini sekarang mulai berkembang, yang terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX, Rendition Verite, dan Permedia 3D Labs.
Sekian dulu pembahasan kali ini, InsyaAllah selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis VGA Card. Wassalam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar